Let’s Learn About Korean ^^

fuiihhh…akhirnya gw udh mulai bisa mengontrol perasaan terhadap sunbae itu😀
sekarang belajar kosakata korea nyok….sebenernya sih gw juga gak pinter2 amat dalam bahasa korea *gw belajar otodidak dari SMP* jadi maklum aja ya kalo ada salah2 dikit…nyok cekidot ^0^

kita mulai dari kosakata dasar aja ya…

KELUARGA (GAJOK)

Aboeji = Ayah
Adeul = Anak (laki-laki)
Ahjumma = Bibi
Ahjussi = Paman
Appa = Papa
Eomma = Ibu
Eonnie = Kakak Perempuan (apabila yang memanggilnya adik perempuan)
Oppa = Kakak Laki-laki (apabila yang memanggilnya adik perempuan)
Nuna = Kakak Perempuan (apabila yang memanggilnya adik laki-laki)
Hyeong = Kakak Laki-laki (apabila yang memanggilnya adik laki-laki)
Halmoni = Nenek
Haraboji = Kakek

KOSAKATA SEHARI-HARI

Aniyo = Tidak
Annyeonghaseyo = Halo, apakabar?
Aparte = Apartemen
Banchan = Makanan sampingan/side dishes (kalo bahasa kampung gw mah lalapan)
Cheot = Pertama
Cogiyo = Permisi (ini diucapkan saat kita ingin mendapat perhatian orang lain, misalnya ditengah diskusi atau keramaian, lo pengen protes sama tu orang, maka lo harus ngucapin ”cogiyo” baru orang itu bakalan noleh)
Eottokhae? = Bagaimana? (bahasa gaulnya sih ”woi gimana neh?? gw musti ngapain??”) #dibacok
Gil = Jalan
Gwenchanayo = Tidak apa-apa (dalam kondisi formal)
Gwenchana = Tidak apa-apa (dalam kondisi nonformal, atau dalam bahasa gaulnya ”gak apa2..nyantai aja bro”)
Gwisin = Hantu
Han = Satu
Hanbok = Pakaian tradisional Korea
Hasukjib = Asrama
Igeo = Ini
Jaljinaesseoyo? = Apakah kamu baik-baik saja? (kalo anak gaul bilang “lo gak kenapa2 kan?”) #salah gaul
Jeoyo = Ini aku
Jjang = Keren ^^
Johahanikka = Karena aku menyukainya (kata lainnya “gw suka gaya lo”)
Johaharago? = Kau bilang kau menyukaiku? (anak gang sebelah bilang “apa?? lo suka sama gw??) #fantasi liar
Jukeosippo? = Kau ingin mati?
Jeoseonghaeyo = Permisi (diucapkan saat kita melewati orang banyak)
Kaedong = Kotoran anjing
Keumanhae! = Hentikan! (kalo versi gw “udahlah woii!!”)
Kho = Hidung
Gomawoyo = Terimakasih (bahasa nonformal)
Khamsahamnida = Terimakasih (bahasa formal)
Kongwon = Taman
Manhi meogeosseoyo = Silakan makan yang banyak
Mianhaeyo = Maaf (bahasa formal)
Mian = Maaf (bahasa nonformal, kalo versi gw “sorry mamen”)
Jalmotthaesseo = Aku salah
Micheosseo? =Kamu sudah gila? (versi gw “lo gila ya???”)
Michigeutta = Mau gila rasanya
Mwo? = Apa?
Mwohaesseo? = Apa yang kamu lakukan?
Mworago? = Kamu bilang apa?
Nado johahae = Aku juga menyukaimu
Naega wae? = Aku kenapa?
Ne? = Ya?
Obahajima = Jangan over! (versi gw “gak usah alay deh!”)
Nun = Mata
Mool = Air
Nunmool = Airmata
Bi = Hujan
Bi ga wayo = Turun hujan
Ppalli = Cepat
Saeki = Brengsek
Saram = Orang
Sarang = Cinta
Saranghamnida = Aku cinta kamu (bahasa formal)
Saranghae/Saranghaeyo = Aku cinta kamu
Ya!! = Hei!!
Yeoja = Perempuan
Namja = Laki-laki
Wae? = Kenapa?
Sajin = Foto
Siksah = Daging
Dwaeji = Babi
Yeppo = Cantik
Norae = Lagu
Noraebang = Tempat bernyanyi (sejenis tempat karaoke gitu)
Keoppi = Kopi
Cha = Teh
Handeupon = Handphone (bahasa kampung gw “HaPe”)
Bogoshippo = Aku merindukanmu
Achim = Pagi
Ajik = Masih
Jigeum = Sekarang
Eonjae = Kapan?
Shigye = Arloji
Shijak = Permulaan
Sunbae = Senior
Baram = Angin
Maeil = Setiap hari
Shippal = Sialan
Kkom = Mimpi
Yeobo = Sayangku
Namja chingu = Pacar laki-laki (special boyfriend)
Yeoja chingu = Pacar perempuan (special girlfriend)
Chingu = Teman
Ireona = Bangun!!

hoooaaaahhmm -,- udahan dulu ya…gw udah ngantuk *kucek2 cucian (?)
besok gw sambung lagi…bubye😀
*kiss bye*

NB : kalo ada yang mau memperbaiki silakan aja ^^ gw orangnya baek kok😀

Satu pemikiran pada “Let’s Learn About Korean ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s