Menanti Jawaban Tuhan; Ternyata Ikhtiarku Masih Panjang

Untuk postingan kali ini gw rada serius dikit ya, soalnya udah beberapa hari ini gw agak murung dan cenderung badmood. Gw tahu pasti apa yang gw pikirkan. Dan penyebab utama kemurungan gw adalah fikiran gw yang masih tertinggal di IPB. Kalau boleh jujur, gw pengen banget masuk IPB dan sebenernya gw udah lulus disana, tapi karena kelabilan gw waktu itu, akhirnya gw mengambil jalan ini.

Terkadang gw mengutuk diri sendiri karena gw udah gegabah dalam mengambil keputusan. Bayangin aja, gw pengen masuk IPB dan begitu kesempatan itu datang, gw menyia-nyiakannya!! Geblek gak tuh?? Waktu itu gw tinggal daftar ulang aja bro! dan gw udah resmi sebagai MAHASISWA INSTITUT PERTANIAN BOGOR!!! Tapi kenapa gw malah memilih jalan ini???

Bagi orang-orang yang gak mengerti keadaan gw waktu itu mungkin mereka beranggapan bahwa gw ini BODOH. Kenapa gw bisa bodoh?? Ya, karena gw ‘membuang’ IPB demi Universitas di pulau Sumatera ini. Kalian sendiri pasti mengira gw bodoh juga kan?? Hanya orang-orang bodoh yang mau menyia-nyiakan Universitas sebagus IPB. Dan orang itu adalah gw!!

Tapi kalo boleh jujur, waktu itu adalah puncak kedilemaan gw. Persis di tanggal 27 Juli 2011, saat pengumuman kelulusan program diploma di Institut Pertanian Bogor. Allah telah mengijabah doa-doa gw dalam waktu yang bersamaan. Coba bayangkan jika 2 keinginan kalian dipenuhi dalam satu waktu. Pasti bingung kan?? Kalian pasti dilema mau memilih yang mana. Begitu juga dengan kondisi gw waktu itu.

Dulu, tepatnya sejak SD gw setiap hari berdoa supaya gw bisa menjadi seorang dokter. Karena gw pingin suatu saat nanti bokap-nyokap bisa ngeliat gw mengenakan seragam putih-putih. Dan waktu udah di SMA, gw terus berdoa supaya jalan gw menuju IPB dipermudahkan oleh Sang Khalik. Dan benar, Allah menjawab doa-doa gw dalam waktu yang hampir bersamaan. Tanggal 17 Juli 2011 gw dinyatakan lulus di Fakultas Kedokteran Hewan dan seminggu setelah itu, tepatnya tanggal 27 Juli 2011 gw juga dinyatakan lulus di Institut Pertanian Bogor. Sungguh, Allah itu Maha Pengabul doa. Tapi disinilah kegamangan gw dimulai.

Disatu sisi, gw bisa menjadi seorang dokter hewan jika memilih FKH. Tapi disisi lain, gw juga enggan melepas IPB setelah perjuangan gw yang gak semudah membalikkan telapak tangan. Waktu itu gw benar-benar bingung. Dan yang terpenting, gw takut kufur dengan mengingkari nikmat yang telah diberikan. Bagaimana mungkin gw menolak jawaban dari Tuhan atas doa-doa gw sebelumnya??

Kalau kalian jadi gw, kalian bakal milih yang mana?? Bingung, kan? Begitulah keadaan gw waktu itu. Cuma satu yang gw takutkan, gw takut kufur nikmat kalau gw menyia-nyiakan kesempatan. Tapi kenapa gw bisa memilih jalan ini? Hal inilah yang masih mengganjal pikiran gw hingga saat ini. Gw masih suka berandai-anda : “seandainya dulu gw menguatkan hati untuk ke IPB”. Tapi gw juga gak mau terus-terusan berkeluh kesah. Karena gw yakin, Tuhan pasti punya rencana lain esok hari. Dan gw selalu penasaran dengan rencana-rencana itu.

Memang, dengan memilih jalan ini ikhtiar gw terasa semakin panjang. Rasanya ikhtiar gw menuju Korea sedikit lebih berat. Tapi gw yakin, semakin panjang jalan yang gw lalui, akan semakin banyak pemandangan indah yang bisa gw lihat. Dan kini, gw menanti jawaban-jawaban Tuhan selanjutnya. Masih banyak doa gw yang menunggu giliran untuk di ijabah. Kenapa gw bisa seyakin ini?? Karena ini adalah janji Tuhan gw “Berdoalah kepadaku, niscaya akan kuperkenankan kepadamu”

 

NB : sebenernya ada banyak doa yang terus gw ucapkan, tapi diantara doa-doa tersebut ada beberapa yang menurut gw adalah doa terbesar dalam hidup

  • Sejak kelas 5 SD gw selalu berdoa, semoga suatu saat nanti gw bisa menjadi seorang dokter —> perlahan sudah diijabah oleh Sang Pengabul Doa
  • Memasuki bangku SMA, gw selalu meminta supaya jalan gw menuju IPB dipermudah —> ini juga sudah diijabah, tapi gw belum mengambilnya secara sempurna
  • Ini doa gw yang tak pernah putus, terus gw ucapkan sejak masih dibangku SMP, gw selalu memohon supaya jalan gw menuju KOREA dipermudah. Gw memohon supaya Allah menunjukkan gw jalan menuju kesana —> munajah ini masih dalam daftar tunggu untuk diijabah 😀

Tinggalkan Balasan

