Ciri-ciri Kpop Lovers

Asik. Asik. Asik.
*ini adalah salam pembuka khas gw*

Oiya, mungkin sebagian dari kalian udah sering denger istilah (?) Kpop Lovers. Ini adalah sebutan bagi penggemar musik-musik Kpop (Korean Pop) termasuk gw salah satunya😀 Tapi tolong bedakan antara Penggemar Korea, Kpop Lovers sama K-drama Lovers.

Emang ada bedanya?? Ya jelas ada lah >,< Dari segi penamaan (?) aja udah jelas beda banget. Penggemar Korea bisa diartikan bahwa orang tersebut sekadar  menyukai Korea. Atau boleh dibilang mereka mengetahui Korea cuma sebatas kulit luarnya aja *sorry kalo bahasa gw kelewatan*. Yah..sebagai contohnya gw waktu SD dulu bisa dikategorikan sebagai Penggemar Korea, soalnya gw cuma tau Korea sebatas Full House sama Memories of Bali aja😮

Kalo K-drama Lovers adalah orang-orang yang menyukai drama-drama Korea (K-drama). Biasanya para K-drama Lovers mengetahui judul-judul drama terbaru😀 Kalo gw sih juga tergolong K-drama Lovers, tapi belum semua drama Korea yang gw tonton. Paling yang ceritanya seru aja. Drama terakhir yang gw tonton adalah Poseidon, Flower Boy Ramyun Shop sama Wild Romance. Sekarang gw lagi nungguin Skip Beat nih😀 Emang sih, Skip Beat merupakan drama Taiwan, tapi gw pengen banget nontonnya, soalnya ada Siwon sama Donghae😀 #tepar

Dan yang terakhir adalah Kpop Lovers. Nahh kalo yang ini gw banget😀 Kpop Lovers adalah orang-orang yang menyukai segala jenis musik Korea. Kenapa segala jenis musik? Ya, namanya aja Kpop Lovers, berarti harus menyukai semua musik Korea, kan??

Well, bisa dibilang Kpop Lovers adalah orang-orang yang begitu update terhadap perkembangan musik Korea. Mereka terus mencari tahu lagu-lagu terbaru, kapan para idola mereka akan show, dimana keberadaan idola mereka saat ini, pokoknya gw salut lah sama Kpopers😀 *betulin kerah baju*

Betewe, kali ini gw mau ngasih sedikit bocoran tentang ciri-ciri dan kebiasaan Kpop Lovers alias Kpopers. Yah, mungkin hal ini juga pernah gw lakukan😀 Karena gw juga merupakan bagian dari keluarga besar KPOPERS😀

1. Untuk mengetahui apakah seseorang itu Kpopers atau bukan, ada 2 hal yang bisa dijadikan acuan. Coba lihat akun Facebook atau Twitter-nya. Yang pertama, kalau orang tersebut adalah Kpopers, ia akan menggunakan username yang berbau Korea. Atau paling tidak mereka mencantumkan nama idola mereka maupun nama fandomnya.

Contohnya nama akun Facebook gw waktu kelas 1 SMA Hilma ‘sujuelf’ Muthia. Ini artinya gw adalah seorang ELF yang menyukai Super Junior a.k.a SuJu
Gak lama setelah itu gw berganti nama lagi menjadi Hilma Sujuelfkyumagnae Muthia. Ini artinya gw adalah seorang ELF. Udah pasti gw penggemarnya SuJu. Lalu apa maksud dari nama tengah gw itu?? Ya ya ya. Maksudnya bias gw adalah Kyuhyun yang seorang magnae (bungsu)
Pas naik kelas 2 SMA gw ganti nama lagi Hilma Sparkyu Muthia. Ini lebih mempertegas status gw sebagai seorang SPARKYU alias penggemarnya Kyuhyun. And ofcourse, gw adalah ELF. Karena mustahil bagi seorang Sparkyu untuk tidak mendeklarasikan diri sebagai seorang ELF. *lap keringat*

Setelah menilik (?) dari user name-nya,  cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang itu Kpop Lovers atau bukan  adalah dengan melihat foto profil atau avatarnya. Biasanya para Kpopers akan menggunakan foto idolanya sebagai foto profil. Ya ya ya. Gw adalah salah satunya😀

Jadi bisa disimpulkan bahwa seorang Kpopers akan menggunakan nama yang ‘agak panjang’ sebagai bentuk identitas mereka sebagai penggemar Kpop. Bisa jadi itu adalah perpaduan antara nama bias (idola) mereka, atau mungkin mereka menyelipkan nama fandomnya. Tapi jangan anggap kami adalah orang-orang yang memiliki nama ALAY. Kami menggunakan nama tersebut agar kami mudah dikenal sebagai seorang Kpopers. Nama-nama yang kami gunakan juga berfungsi sebagai identitas kami😀

Contohnya :
Hilma ‘sujuelf’ Muthia <— ini berarti dia adalah seorang ELF
Hilma ‘cassiopeia’ Muthia <— berarti dia adalah seorang Cassiopeia atau penggemarnya DBSK
Hilma ‘primadonna’ Muthia <— berarti dia adalah seorang Primadonna atau penggemarnya FT Island
Hilma ‘shawol’ Muthia <— berarti dia adalah seorang Shawol atau penggemar SHINee
Hilma ‘hottest’ Muthia <— berarti dia adalah seorang Hottest atau penggemar 2PM

Masih banyak nama-nama lainnya. Ingat, kami bukan ALAY. Kami menggunakan nama tersebut agar identitas kami lebih dikenal ! ! !

2. Ciri-ciri Kpopers yang kedua adalah cara mereka yang tergolong unik dalam membuat status di Facebook maupun Twitter. Bagi sebagian orang bisa jadi itu adalah tindakan para ALAYers. Tapi bagi para Kpopers, itu adalah seni. Karena kami, para Kpopers sangat bersemangat dalam mengungkapkan segala sesuatu yang berbau Korea, apalagi yang menyangkut idola kami. Contohnya saat Kimchi di Jakarta kemaren ini. Dalam sehari gw bisa mempublish beberapa status. Mulai dari kedatangan para member SUJU di Bandara Soekarno-Hatta, ketidakhadiran Siwon dalam konser, kajadian-kajadian unik yang terjadi selama konser berlangsung sampai foto-foto para member SUJU pun gw update >,< Pokoknya apapun berita tentang idola kami, kami akan selalu bersemangat untuk mempublishnya😀 Karena kami adalah Kpopers ! ! Dan itulah keunikan kami😀

3. Para Kpopers itu cenderung akan berteman dengan sesamanya. Maksudnya, para Kpopers akan lebih nyaman bila berteman dengan sesama Kpopers juga. Logikanya sih biar bisa nyambung aja pas lagi ngomong😀 Fakta di lapangan membuktikan bahwa banyak akun Facebook para Kpopers yang friendlist-nya di dominasi oleh para Kpopers pula. Bukan berarti para Kpopers itu sombong lho..kami cuma ingin lebih nyaman aja saat mengupdate status. Karena banyak diantara kami yang dianggap lebay oleh kalangan non-Kpopers. Betul, kan chingu???

4. Rata-rata Kpopers itu boros banget kalo udah berhadapan dengan hal-hal yang berbau Kpop. Mereka rela menyisihkan uang jajannya demi membeli album terbaru dari idola mereka. Banyak temen-temen gw sesama Kpopers yang mati-matian nabung demi beli 5jib alias Album Kelima Super Junior😀 Kalo gw, saat ini gw lagi berusaha keras buat ngumpulin duit biar bisa nonton SS4 INA😀

5. Ada beberapa kata-kata khusus yang sering digunakan oleh para Kpopers. Atau bisa dibilang ada istilah-istilah tertentu dalam dunia Kpopers yang gak banyak dimengerti oleh masyarakat umum. Contohnya, bias (idola atau apabila diartikan secara bebas bisa juga bermakna sebagai suami/pacar), fandom, fanbase, kkoming, ddangkkoma, sukira, KTR, fanbase, WGM, dll. Istilah/kata-kata ini sudah lazim didengar dan digunakan oleh para Kpopers.

6. Secara garis besar para Kpopers sedikit banyaknya juga akan mengetahui seluk beluk tentang Korea. Mereka pada umumnya mengetahui tradisi-tradisi dasar yang ada di Korea. Yah…paling enggak mereka mengetahui beberapa tempat yang terkenal di Korea, seperti Seoul, Mokpo, Jeju, Jeollanam-do, Gangnam, Namsan tower, Insadong, Busan, Daegu, dll.

7. Biasanya para Kpopers betah berlama-lama di depan laptop/komputer. Entah itu online atau sekadar menonton video para idola mereka. Gw pernah nangkring di depan laptop selama 12 jam nonstop cuma buat nonton EHB😀

8. Para Kpopers akan menjadi sangat histeris apabila mendengar nama idola mereka disebut-sebut. Ada sebagian Kpopers yang langsung jingkrak-jingkrak saat mendengar lagu idola mereka di putar atau ditayangkan di televisi😀

Ah udahan dulu. Kaki gw kesemutan saking lamanya nulis =,=
Hal-hal yang gw tulis ini berdasarkan pengalaman dan pemikiran dari otak gw yang sedikit lebih pintar dari kecebong ini. Oiya, ada kalimat yang ingin gw ucapkan. GW BANGGA MENJADI EVERLASTING FRIENDS, DAN GW SENANG BISA BERTEMU DENGAN KALIAN PARA KPOPERS. KITA ADALAH KELUARGA BESAR, BUKAN? ENTAH ITU ELF, CASSIOPEIA, SHAWOL, VIP, PRIMADONNA, BLACKJACK, HOTTEST, BOICE, CLOUD, LUCKY SEVEN, INSPIRIT, dll. ENTAH KALIAN ITU FANSNYA SUJU, DBSK, SHINee, 2PM, BIG BANG, CNBLUE,dll. TAPI YANG JELAS, KITA ADALAH SATU KELUARGA😀 I’M PROUD TO BE A PART OF YOU GUYS…

26 pemikiran pada “Ciri-ciri Kpop Lovers

  1. howah… hhehe yang ditulis diatas itu aku banget😀 .. salam kenal eonni.. aku juga ELF loh🙂 .. ohya suka baca FanFiction kah? silahkan mampir ya : http://sushinff2.wordpress.com isinya FF yg cast nya SJ dan SHINee.. salam kenal eonni ^^

    • whaaa jinja??
      *toss*
      ne, salam kenal juga dongsaengie😀 gomawo udah mampir ke blog gaje ini😀 *bow bow bow*
      ntar onnie mampir juga kesana (?) LOL

  2. Wah senengnya kLo ktmu orang s’sma kpopers😀 salam kenal y chingu aq kpopers dr kal-sel o’iya aq jg elf lho tp my bias KJW a.k.a Yesung Sj slm kenal y ^^ btw alamat twitterny mana nui?

    • waaah aku juga seneng bisa ketemu temen baru😀
      aku ELF Padang, biasnya My Sweetheart Uri Cho Kyu tercinta (?) *dihajar*
      salam kenal ya chingu ^^
      oiya, twitter aku @muthisuju ^^

  3. Whohoho…kmu lucu ya, tp tenang kmu g bklan d hajar ko’ slama ga’ ngegaet my lovely husband yeppa *tolong jgn bgunkan sya drmimpi indah ini*😀 artikel2 blognya jg bgus d tunggu lho tulisan terbarunya (especially about korea).. ntar acc twitternya aq follow ya tp don’t forget 2 follback if U don’t mind gomawo ^^

    • whahaha *pura2 mati gara2 dibilang lucu*
      tenang aja chingu..aku masih memegang teguh azas keprimanusiaan (?) jadi gak mungkin aku gangguin yeppa😀 *nelen kkoming*

      whaaa gomawo gomawo gomawo *bow*
      aku makin semangat buat nulis gara2 dipuji😀
      #tepar

      oke,,ntar aku follback ^^
      sekali lagi gomawo yaa😀

  4. Hampir 60% dri artikel itu aku smua,kcuali yang ngumpulin duit buat nonton konser ama bli perlengkapan (?) bias *maklum fans kere*

  5. Betuulll banget ..
    Memang kita ga lebayy kok .. !!

  6. hoalaah semua yg agan tulis bener bgt tau aja😀

  7. Annyeong Annyeong ‘-‘)/
    Salam kenal ne?? Boleh kagak nae copas beberapa kutipan kata” yg bagus ke FB??
    Nae pake cr link ini kok. Jadi mungkin temen fb nae bisa mampir ke nih blog ^_^

  8. Wih yg diatas aku bnget loh chingu🙂
    Salut deh ama kamu🙂
    Salam kenal🙂

  9. Sesuju deh sma yg d atas, salam kenal chingu, kebetulan aku juga ELF, bias kita jga sama Kyuhyun.#kagaknanya

  10. Demi apa gue kpopers juga ga kyk gini! Aneh bngt! Ngaret bacanyaa ;;) btw salam kenal mbak!

  11. Duhh senang nya bisa ketemu orang_orang yang pencinta k-pop🙂 slam kenal yaa

  12. salam kenal saeng .

  13. Ping balik: Ciri-ciri Kpop Lovers | ummilatifahh

Tinggalkan Balasan

