Pyometra

Asik. Asik. Asik.
Sekarang udah hari Jumat *jilat-jilat kalender*

Seperti biasa, setiap hari Jumat gw ada mata kuliah Ilmu Peternakan Umum atau biasa disingkat PPKn. Iya. Iya. Singkatannya emang gak nyambung. Suka-suka gw dong mau nulis singkatan apa. Kan ini blog gw😮 *dilempar feses sapi*

Kali ini gw mencoba untuk terlihat lebih pintar dari biasanya. Sebelum-sebelumnya gw cuma ngepost tentang curhatan gw atau hal-hal yang berbau Korea dan Super Junior. Tapi kali ini, gw akan memposting materi kuliah hari ini, yaitu tentang penyakit PYOMETRA. Moga-moga gw dapet nilai A setelah nulis postingan ini😀 nyahaha~

Ehem.
Kalian pernah denger istilah Pyometra?? Bukan. Bukan. Itu bukan nama anjing. Atau jangan-jangan diantara kalian ada yang bernama Pyometra?? #dibacok

Well, Pyometra itu berasal dari kata pyo dan metra. Pyo berarti nanah, sedangkan metra berarti uterus. Jadi, dapat diartikan bahwa Pyometra adalah suatu penyakit dimana terjadinya penimbunan nanah pada uterus.

Biasanya, kalau diamati secara kasat mata tidak ada perbedaan antara hewan yang bunting dengan hewan yang terkena Pyometra. Kenapa? Karena hewan yang terkena Pyometra juga mengalami gejala perut membesar seperti halnya hewan yang sedang bunting. Makanya, banyak peternak yang mengira bahwa hewan mereka itu sedang bunting, padahal kalau ditelusuri lebih lanjut, bisa jadi hewan tersebut menderita Pyometra. *Ya Allah~ gw berasa sedikit lebih pintar dari kecebong saat menulis ini*

Ada beberapa perbedaan antara hewan yang sedang bunting dengan hewan yang terkena Pyometra.

Ciri-ciri hewan yang sedang bunting :

1. Hewan yang sedang bunting pembesaran perutnya akan mengarah ke sebelah kanan, karena di sebelah kiri terdapat rumen. Sehingga pertumbuhan foetus akan terkonsentrasi pada perut sebelah kanan.

2. Hewan yang sedang bunting akan terlihat lebih gemuk dan bulunya tampak lebih mengkilat.

3. Tidak ada kotoran yang keluar dari lubang vagina.

4. Jika dilakukan palpasi rektal, maka akan ditemukan foetus pada salah satu kornua, sedangkan kornua yang lain tetap kecil.

5. Dinding uterus akan menipis seiring dengan perkembangan foetus.

 

Ciri-ciri hewan yang terkena Pyometra :

1. Hewan yang terkena Pyometra perutnya akan membesar secara simetris. Hal ini dikarenakan oleh nanah yang mengisi kedua kornu sehingga perut telihat membesar di kedua sisi (kanan dan kiri)

2. Hewan yang terkena Pyometra akan terlihat lebih kurus dengan bulu yang kusam.

3. Pada saat berbaring, akan keluar kotoran berupa nanah dari lubang vagina.

4. Jika dilakukan palpasi rektal, tidak ditemukan foetus pada uterus.

5. Mukosa uterus tersa lebih tebal dari keadaan normal. Dan jika uterus ditekan, maka ia akan melakukan fluktuasi karena ada tekanan balik dari cairan dalam uterus.

 

Tuh liat. Ada penumpukan nanah pada uterus, kan? Beberapa literatur mengatakan bahwa penyebab Pyometra adalah infeksi bakteri yang masuk melalui vagina waktu lapisan endometriumnya mengalami hiperplasia. Hal ini disebabkan oleh kenaikan hormon estrogen dan progesteron tanpa disertai oleh kebuntingan.

Oiya, cuma hewan betina yang bisa terserang penyakit Pyometra karena hewan jantan tidak memiliki rahim.

Lalu, bagaimana cara mengatasi Pyometra? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para Dokter Hewan, salah satunya adalah dengan melakukan operasi pengangkatan rahim atau yang lebih sederhana bisa dilakukan penyedotan nanah yang tertimbun dalam uterus. Dan hasilnya, beberapa bahan bacaan gw maegatakan bahwa 95% kucing bisa diselamatkan dengan melakukan operasi pengangkatan rahim😀

 

Fiuuuuhh. Setelah menulis ini, kejeniusan gw sedikit meningkat menjadi 0,0000008% dibanding sebelumnya yang cuma 0,0000007%😀 Hari ini gw ngerasa cakep secakep-cakepnya cakep😀 Gw berasa jadi ahli hukum yang paling disegani diseluruh dunia *lho??*

Oiya, postingan ini berdasarkan ilmu gw yang alakadarnya. Jadi maklum aja kalo terdapat kekeliruan dimana-mana. Gw belum jadi Dokter Hewan, jadi gw belum begitu mendalami penyakit ini. Tapi setidaknya setelah kuliah Ilmu Peternakan Umum hari ini, gw menjadi lebih mengerti apa itu Pyometra😀

 

Udahan ya. Gw mau mandi bareng sapi nih😀
*ditendang babi*
Bubye~ Chu~~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s