Siklus Estrus

Asik. Asik. Asik.
*jangan pernah protes dengan salam pembuka ini*

Gak kerasa sekarang udah Jumat lagi. Ya. Ya. Ya. Dunia ini emang dinamis. Tapi kayaknya tabungan gw tetep aja belum cukup buat nonton SS4 INA sekaligus beli LG Optimus Black =,=
*gali-gali pasir, siapa tau ada gigi emas yang nyelip*

Sebagai seorang mahasiswa yang selalu menggosok gigi jika pergi ke kampus, gw selalu inget sama materi kuliah yang satu ini. SIKLUS ESTRUS *dicium sapi*

Dari namanya sih keren. ESTRUS.
Tapi kalian tau gak artinya apaan??

Jangan tanya gw. Jangan tanya gw.
Jangan ambil gambar gw. Jangan ambil gambar gw.
Matiin kamera woii!! Matiin!!! *obsesi artis*

Oke.
Berhubung IP gw semester kemaren belum cukup untuk menjadikan gw sebagai seorang sarjana *yaiyalah woii!! baru satu semester udah mau jadi sarjana???!!!* dengan berbaik hati, gw akan mencoba untuk menjelaskan yang namanya ESTRUS.

Bukan. Bukan.
Estrus itu bukan nama eskrim. Nama deodoran juga bukan >o<!!!

Estrus atau lebih dikenal dengan istilah Birahi adalah suatu keadaan dimana mamalia betina (termasuk manusia) memperlihatkan naluri untuk berkelamin. Atau secara lebih sederhana, si betina ini udah siap untuk kawin cuy😀 Nah, sedangkan yang dimaksud dengan siklus estrus adalah selang waktu antara periode estrus yang satu ke periode estrus berikutnya.

Ada beberapa ciri-ciri mamalia yang sedang estrus, berikut ciri-cirinya *siapa tau kalian pernah mengalami salah satu diantara ciri-ciri tersebut*

1. Gelisah.

Kalau kalian sering merasa gelisah, cuma ada dua kemungkinan. Yang pertama, bisa aja kalian sedang estrus. Kemungkinan yang kedua, kalian gelisah karena nahan boker😀 mowahaha *disepak* Just kiding guys😀

2. Mengalami anoreksia (nafsu makan berkurang)

Oiya, untuk masalah ini gw punya tips kecil-kecilan *saking kecilnya, tips ini cuma segede upil* Jika kalian sedang berada di rumah dan kebetulan nyokap kalian lagi nyiapin makan siang, sebisa mungkin kalian harus memakannya meskipun masakan nyokap kalian gak enak. Tunjukkan bahwa nafsu makan kalian sangat besar pada saat itu. Kenapa?? Kalau kalian gak makan, nyokap kalian pasti mikir kalo nafsu makan kalian berkurang. Itu artinya apa??? Cari tau sendiri. (keywords –> nafsu makan berkurang = estrus)

3. Sering meringkik (biasanya terjadi pada kuda)

Ini nih yang harus diwaspadai oleh kaum wanita. Gw saranin buat para cewek kalo ketawa itu gak usah terlalu over. Jangan sampe kalian saingan sama kuda. Ntar si kuda jantan jadi bingung mau milih yang mana😮

4. Suka menggosok-gosokkan badan pada pejantan

Ada catatan penting yang harus diperhatikan jika ada betina yang menggosok-gosokkan badannya pada pejantan. Coba perhatikan dengan seksama. Si betina menggosok-gosokkan badannya pake apa?? Kalo si betina menggosok-gosokkan badannya pake pisau, berarti itu termasuk penganiayaan terhadap si pejantan. Please, REMEMBER!!

5. Vulva membengkak, memerah dan berlendir

Untuk yang satu ini, gw gak bisa ngomong apa-apa. Silakan tanya sendiri sama hewannya. Ntar gw kasih alamat rumah sama nomer HaPe si betina ya😀

6. Bila dinaiki oleh pejantan, si betina akan memberikan respon menerima (diam)

*hal di bawah ini cuma bayangan gw aja*

sapi betina : bang gendong aku bang~ gendong aku ! !
sapi jantan : abang lagi capek dek~ seharian mancing tapi ikannya gak dapet-dapet =,= *sejak kapan sapi doyan makan ikan???*
sapi betina : aaahh~ abang jahat~ abang nakal~~ dedek benci abang >,< *ngubur diri idup-idup*

Yah..kira-kira begitulah penjelasan dari poin nomer 6 tadi😀

7. Darah keluar dari vulva (biasanya terjadi pada anjing*

Kali ini gw juga gak bisa komentar apa-apa. Kapan-kapan deh gw adain konferensi pers mengenai masalah ini.
Kalo yang tadi itu ciri-ciri estrus, berikut ada beberapa macam estrus :

1. Monoestrus
Yaitu estrus yang hanya datang sekali dalam setahun (contohnya pada serigala)

2. Diestrus
Yaitu estrus yang datang dua kali dalam setahun (contohnya pada kucing dan anjing)

3. Poliestrus
Yaitu estrus yang terjadi lebih dari dua kali dalam setahun (contohnya pada primata, marmut, sapi, kuda dan tikus)

 

Gimana?? Gimana?? Udah ngerti, kan??
Oiya, estrus akan datang pada betina yang sudah dewasa kelamin. Atau analoginya pada manusia yaitu pada saat si betina telah mengalami menstruasi.

Udah paham?? Kalo belum paham, coba tanyakan pada hewan yang bersangkutan😀
Oiya, satu lagi pesan gw. Jangan deket-deket sama betina yang lagi estrus. Soalnya pada saat estrus, si betina akan sangat sensitif. Kalo yang ngedeketinnya itu si pejantan, doi sih oke-oke aja. Tapi kalo dideketin sama manusia, yang ada lo bakalan disepak sama itu betina ! ! Lagian, kalo lo deket-deket sama betina yang lagi estrus, ntar pas doi hamil, lo mau tanggung jawab???

sapi betina yang lagi estrus : nikahin aku bang~ nikahin aku >,<!!

Lo mau hal itu terjadi?? Kan gak lucu kalo lo musti ke KUA sambil geret-geret calon istri lo😮 *dikencingin sapi*

Sekian dulu ya. Gw dilirik sama sapi nih. Kayaknya doi lagi estrus =.= *nelen biji salak*

Bubye~~
Chuuu~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s