Setiap Ucapan Adalah Doa

Asik. Asik. Asik.

Tunggu bentar ya. Gw mau guling-guling dulu *guling-guling di hati kyuhyun*

Ahh. Gak nyangka. Sekarang gw udah nyampe di kampung halaman tercinta😀 *cium cho kyu* Sebenernya perasaan gw flat aja pas nyokap nyuruh gw buat pulang (pasca gempa). Gw gak tau harus bilang apa. Disatu sisi gw udah gak ada hasrat lagi untuk tetap bertahan di tanah rencong, tapi disisi lain gw juga gak terlalu excited buat pulang kampung. Yaudahlah, berarti ini memang kesempatan gw untuk memulai awal yang baru ^^

Oiya, gw baru inget kalo beberapa waktu yang lalu gw pernah becanda sama temen gw. Waktu libur semester yang lalu, temen gw (yang katanya Siwon’s future wife) minta oleh-oleh baju khas Aceh. Tapi berhubung uang jajan gw cuma cukup untuk beli kuaci, akhirnya doi gak gw beliin apa-apa. Gw pikir sih temen gw itu anteng-anteng aja gak dapet oleh-oleh dari gw, tapi gak taunya tiap hari gw diteror == Tiap hari gw ditanyain soal baju Aceh (padahal gw juga gak yakin kalo di Aceh ada baju yang begituan).

Iya. Nanti pas bulan April gw pulang lagi.

Sumpah. Itu kata-kata karangan gw aja. Gw juga gak sadar pas ngomong begituan. Emang ada angin apa kalo bulan April gw bakalan pulang??? Gw ngomong begitu biar temen gw agak jinak dikit. Biar doi gak nanyain soal baju Aceh lagi ke gw, gw bilang aja kalo bulan April gw bakalan pulang dan bawain oleh-oleh buat dia😀 Sumpah, sebelumnya gw gak ada kepikiran buat pulang di bulan April!!

Trus, pas udah balik ke Aceg, gw tiba-tiba nyeletuk :

Eh, kalo pilkada rusuh, gw bakalan pulang kampung aja lah.

Sekadar informasi aja. Pilkada Aceh dilangsungkan pada tanggal 9 April kemaren, dan ada isu yang beredar kalo pilkada akan berakhir dengan kerusuhan. Makanya, sebagai pendatang (orang asing) gw merasa ‘terancam’ jika tetap bertahan ditengah kerusuhan. Tapi sebenernya kata-kata di atas cuma celetukan iseng gw aja lho. Tapi gak taunya, gw bener-bener PULANG KAMPUNG DI BULAN APRIL!!!

It’s MIRACLE. Sekarang gw bener-bener yakin kalo setiap perkataan yang keluar dari mulut kita adalah DOA. Makanya, kita harus berkata yang baik-baik aja biar efek yang dihasilkan juga hal yang baik-baik😀 Gw yang awalnya cuma becanda bakalan pulang di bulan April, ehh gak taunya jadi kenyataan😀 Gw yang awalnya kebingungan buat nyari alasan supaya nyokap mau ngizinin gw nonton konser SuJu di bulan April, ehh gak taunya malah nyokap sendiri yang nyuruh gw buat pulang😀 Ahh. Ini bener-bener kekuatan sebuah DOA. Thank’s GOD, Allah SWT😀

Now, i believe, my future is brighter than before. Meskipun gw harus mulai dari NOL lagi, tapi gw yakin kalo di ujung sana ada harapan yang dulu sempat gw tinggalkan. Meskipun orang-orang menganggap kalo gw ini bodoh (yang rela meninggalkan sesuatu yang telah didapatkan) tapi sekali lagi, ini hidup gw. Gak ada satu pun orang yang bisa mengintervensi kehidupan gw, meskipun mereka adalah orang tua gw sendiri. Kalian cukup jadi penonton aja, biar gw yang jadi aktrisnya. Kalian cukup memberikan komentar, biar gw yang mengambil keputusan. Kalian gak tau apa yang ada dalam benak gw. Yang kalian tau cuma bentuk luarnya aja, tapi jauh dari itu, ada sejuta rencana yang ingin gw realisasikan di tahun ini. Ya, ada banyak planning gw untuk kehidupan yang akan datang. Ada banyak mimpi yang akan gw ubah menjadi kenyataan. Ada banyak asa yang harus gw perjuangkan. Dan ini prinsip gw, bahwa setiap impian itu WAJIB dibela. Dan ini merupakan kewajiban gw untuk membela impian gw sendiri. Kalau tahun lalu gw belum bisa menuntaskan kewajiban ini, maka tahun inilah saatnya. Tahun ini, Insya Allah gw akan berjihad demi impian ini. Karena gw tahu pasti bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum tersebut yang berusaha untuk merubah nasibnya. Ya, gw akan berjuan untuk memperbaiki nasib gw sendiri. Gw akan memperjuangkan mimpi-mimpi ini. Gw harus menginjakkan kaki di tanah Jawa. Gw harus bisa menghirup udara segar di Mokpo. Gw harus bisa mencicipi Kimchi langsung dari negara asalnya. Gw harus bisa merubah status menjadi Mahasiswa asing yang belajar di Kyunghee University. Gw harus bisa!!

Kini, gw gak mau lagi mendengar setiap komentar dari orang lain. Karena pada dasarnya, komentar-komentar yang mereka ucapkan gak jauh-jauh dari paham parokial yang menganggap bahwa dunia ini kaku. Jujur, gw orang yang dinamis, liberalis, dan gw amat benci sama orang-orang yang berpaham parokial!!! Gw benci sama orang-orang yang beranggapan bahwa dunia ini harus mengikuti rules yang ada. Jika pada awalnya kamu telah mendapatkan A, maka kamu harus menjalani itu sampai akhir. Tapi itu bukan prinsip gw!! Gw punya prinsip, kalo pada awalnya kamu mendapatkan A, maka kamu masih punya kesempatan untuk merubahnya menjadi B, C, D, E, bahkan apa pun yang kamu mau. Ini hidupmu. Ini tanggung jawabmu. Gw gak mau menjadi orang yang kaku. Gw gak mau menjadi katak dalam gelas, yang mengetahui bahwa dunia ini luas, tapi gak bisa keluar untuk merasakan indahnya dunia. Gw gak mau kalo pikiran gw terkotak-kotak menjadi sesuatu yang statis. Gw ini dinamis. Gw benci dengan segala hal yang berjalan dengan sangat lamban. Karena hidup ini butuh target. Dan sebisa mungkin, target gw gak boleh melenceng meskipun 1mm saja!! Dan satu lagi, ga sangat benci sama orang yang suka mencampuri urusan orang lain!! Hey,!! Coba lo liat kehidupan di luar negeri!! Gak ada orang yang sok-sok ikut campur sama kehidupan orang lain. Lo mau pake baju apa pun gak bakalan ada yang mau komentar. Lo mau ambil keputusan apa pun dalam hidup lo, gak bakalan ada orang yang menyayangkan keputusan itu. Urus aja hidup masing-masing. Gw mau kuliah dimana kek itu urusan gw. Gw mau rugi puluhan juta gara-gara ninggalin kuliah yang lama, itu urusan gw. Gw bakalan rugi umur gara-gara gw harus ngulang jadi mahasiswa baru, itu urusan gw. Prinsip gw, usia bukanlah alasan dan halangan bagi seseorang untuk menuntut ilmu!! Gw harus ikut SNMPTN lagi itu urusan gw. Gw harus ngabisin duit orang tua gw, itu urusan gw.

So, rubah paradigma kalian jika kalian masih berpaham parokial. Dunia ini dinamis cuy. Gak ada yang gak akan berubah di dunia ini. Dan gw, gw hanya mengikuti alur perubahan itu😀

 

Tinggalkan Balasan

