Upil’s Tips : Menata Kamar Agar Tampak Menyenangkan

Hari ini gue balik lagi dengan membawa sapu beserta sang pemiliknya (si Terry Poter). Kali ini gue berniat untuk comeback ke blog ini. Makanya, langkah awal yang gue lakukan adalah…bersih-bersih blog bareng si Terry. Mihihi

Well, sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, gue menciptakan suatu forum (?) yang diberi nama “UPIL’S TIPS”. Dalam forum ini gue akan berbagi tips-tips absurd. Tentunya semua tips yang gue berikan berdasarkan pengalaman pribadi dari narasumber kita, Upil. 

Oke, untuk tips yang pertama, gue dan upil akan membeberkan beberapa trik absurd agar kamar anda tampak lebih menyenangkan🙂 Jangan lupa baca Basmallah ya…. #UpilMauNaikHaji #IniHastagPalingAbsurd

Bersihkan kamar minimal 3 kali dalam seminggu

Menjaga kebersihan kamar itu sangat penting. Karena keadaan suatu kamar berbanding lurus dengan kepribadian sang pemiliknya. Semakin bersih kamar tersebut, maka bisa dipastikan kalau pemiliknya adalah orang yang bersih. Begitu pula sebaliknya.

circle-dot-wall-art-for-teen-bedroom
gimana? adem banget kan, ngeliat kamar yang rapi kayak gini?

Bersihkanlah kamar kalian minimal 3 kali dalam seminggu. Sapulah setiap sudut yang ada dalam kamar kalian. Jangan lupa di pel minimal 1 kali dalam seminggu. Jangan biarkan debu-debu menjajah kamar kalian!! Soalnya, gue pernah punya pengalaman pahit dalam hal ini. Waktu itu gue lagi sibuk-sibuknya bikin tugas, jadi gue gak terlalu merhatiin kondisi kamar sendiri. Setelah kelar beresin tugas, gue langsung mudik ke rumah saudara selama 3 hari. Dan, pas gue balik ke kost-an, kalian tau apa yang terjadi dengan kamar gue? Disana sini gue temukan sarang laba-laba!! Ricecoocker gue udah ketutupan debu setebal 2cm!! Dan yang parahnya, foto gue sampe dikerubutin sama lalat! Hina banget, kan? Aku nista mamaaahh aku nistaaahhhhh

Sejak kejadian itu, gue mulai sedikit lebih rajin untuk membersihkan kamar. Yah, minimal tiap pagi dan sore kamarnya gue sapu. Terus, tiap 3 hari sekali perabotan dalam kamar (ricecoocker, tv, meja, dispenser, lemari, dll) gue lap pakai kanebo, biar debu-debunya pada ilang.

Selain untuk menjaga kebersihan, menyapu kamar setiap hari itu juga penting bagi kesehatan. Meskipun kamar kalian tertutup rapat, gak menutup kemungkinan kalau debu-debu gak bakalan masuk. So, bersihkan kamar sesering mungkin agar gak ada debu yang menempel🙂

Masukkan pakaian ke dalam lemari

baju

Yang ini juga gak kalah penting. Jangan biarkan pakaian kalian menumpuk disetiap sudut kamar (misal di gagang pintu). Kenapa? Selain mengurangi estetika alias gak enak dilihat, pakaian yang bertumpuk-tumpuk akan menjadi sarang nyamuk. Makanya, hindari menggantungkan pakaian di belakang pintu ataupun di dinding. Setelah dipakai, alangkah baiknya kalau pakaian tersebut langsung dicuci, atau kalau belum terlalu kotor, pakaian tersebut bisa diangin-anginkan terlebih dahulu, kemudian dilipat dan dimasukkan dalam lemari. Tujuan mengangin-anginkan pakaian adalah, supaya pakaian tersebut tidak lembab saat dimasukkan ke dalam lemari (siapa tau aja di bagian keteknya telah terjadi pendarahan).

Coba kelompokkan pakaian tersebut saat disusun dalam lemari. Misal, kaos sesama kaos, kemeja dengan kemeja, pakaian dalam dengan pakaian dalam. Tujuannya agar terlihat lebih rapi dan gampang saat mencarinya.

Oiya, buat anak kost kaya gue, mungkin lemari yang kita punya gak terlalu besar. Jadi kita musti menyiasatinya agar bisa menampung seluruh pakaian yang kita punya. Berikut tips absurd bagi anak kost-an…

  1. Lipat pakaian kalian kecil-kecil. Jangan terlalu lebar, karena akan memakan banyak tempat.
  2. Bagilah setiap ruangan dalam lemari kalian dengan proporsi yang pas, agar bisa menampung lebih banyak baju.
  3. Pisahkan antara pakaian dalam dengan pakaian sehari-hari. Kalau bisa, tempatkan pakaian dalam pada tempat yang khusus, misalnya, laci. Hal ini akan mempermudah pencarian (?) dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (siapa tau aja ada temen kalian yang iseng ngoprek-oprek lemari, kan bahaya kalau sampai ketahuan, mihihihi)
  4. Kalau lemari kalian tidak terlalu besar, maka kalian bisa menggunakan teknik seperti ini…

c.php
dengan menggunakan gantungan baju yang seperti ini, kalian bisa menghemat tempat loh🙂

Kelompokkan barang sesuai jenisnya

Agar kamar kalian terlihat menyenangkan, maka tips yang satu ini akan sangat membantu. Kelompokkanlah barang-barang yang kalian punya sesuai dengan jenisnya masing-masing. Contohnya seperti ini…

rapii
susunlah barang-barang sesuai jenisnya. misalnya, buku dengan buku, kertas dengan kertas, pensil dengan pensil…

Dan jangan contoh yang ini….

room

Tambahkan hiasan pada dinding kamar

Bagi anak kost kaya gue, kamar itu udah ibarat pacar kedua. Jadi, usahakan kondisi kamar membuat kalian merasa nyaman. Letakkan barang-barang yang kalian suka, dan membuat kalian relax. Jika kalian penggemar lukisan, gak ada salahnya kalau kalian memajang lukisan di dinding kamar. Atau, kalau kalian punya band favorit, tempelin aja posternya, biar berasa lebih dekat dengan sang idola🙂 Kalau mau nempelin tabel perkalian juga boleh, asal ukurannya gak lebih dari 5cm.

Atau, kalau mau yang lebih menarik lagi, pasang wallpaper pada dinding kamar kalian. Gak usah yang mahal-mahal. Kertas kado aja juga udah cukup kok🙂 Koran bekas juga boleh, yang penting ada coraknya.

Atau, tempelkan kata-kata mutiara pembangkit semangat. Misalnya, cita-cita kalian di masa depan, target-target yang musti kalian capai. Saat masuk kamar dan membaca tulisan-tulisan tersebut, setidaknya kalian akan kembali bersemangat dan teringat akan tujuan hidup kalian🙂

wall-decoration

Pastikan kamar anda selalu WANGI🙂

Selain kebersihan, kewangian kamar juga berpengaruh loh. Usahakan kamar kalian selalu wangi. Jangan letakkan barang-barang yang berpotensi mengeluarkan bau tak sedap di dalam kamar anda, misalnya, kaos kaki. Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Gunakan pewangi ruangan yang pas dan sesuai dengan karakter anda masing-masing. Jangan biasakan menumpuk sampah (terutama sampah basah) di dalam kamar, karena akan mengeluarkan bau busuk.

Buang barang-barang yang sudah tidak diperlukan

Pernah mendengar kalimat ini? “kondisi kamar seseorang menggambarkan kepribadian pemiliknya, semakin banyak barang-barang bekas yang terdapat di dalam kamarnya, maka seperti itulah kondisi otaknya”

Maksudnya, jangan suka mengoleksi barang-barang yang sudah tak terpakai. Kalau barang-barang tersebut tidak bisa di daur ulang (re-use atau re-cycle), coba sumbangkan kepada yang membutuhkan. Atau, kalau kondisinya udah parah banget, yaudah, dibuang aja, biar gak menumpuk dalam kamar. Biar otak kita juga lega🙂

tong-sampah

Well sekian dulu Upil’s Tips kali ini. Semoga bermanfaat ya🙂 Intinya, menjaga kebersihan kamar itu penting. Karena kamar merupakan tempat kita untuk beristirahat setelah seharian beraktifitas. Jadi kondisi kamar yang nyaman sangat menentukan kualitas istirahat kita🙂

Terus support gue ya🙂 Dukungan kalian sangat berarti bagi gue. Saat kalian membaca postingan-postingan absurd ini, disaat kalian mengapresiasi tulisan-tulisan gue, disaat itulah gue merasa ada, dan berarti….

 

14 pemikiran pada “Upil’s Tips : Menata Kamar Agar Tampak Menyenangkan

  1. keren tips nya.. makasih upil🙂

  2. keren banget pengin punya kamar yang tertata rapih menyenangkan banget keliatanya

  3. arigatou gozaimashita desu ne,,,,,,,,??”

  4. artikelnya bagus gan.. thanks atas tipsnya..

    salam hormat.

  5. Walaupun udh bukan anak kos lagi ttp aja aku suka blog kamu. ♡

  6. Tips ini simpel tp kalo dilakukan dgn rutin bisa membuat kamar lebih bersih🙂

Tinggalkan Balasan

