[Today’s Menu] Bedah Plastik Dengan Media Photoshop

Bicara soal bedah plastik, gak cuma dunia medis Korea yang jadi ahlinya. Si program canggih yang satu ini bisa jadi solusi jika kalian gak punya cukup dana buat berangkat ke Korea cuma buat ngilangin komedo sama bekas jerawat. Ibarat kata peribahasa, budget bukanlah halangan untuk tampil bijaksana. #IniPeribahasaDariDuniaLain

Program yang gue maksud adalah Photoshop. Mungkin udah banyak yang kenal sama program yang satu ini. Sebenernya gue juga baru mulai belajar sih, jadi maksud dan tujuan dari postingan kali ini bukan menggurui ya, guys😀 Kalo kalian udah pada tau, ya anggap aja flashback materinya. Tapi kalo belum tau, ya anggap aja kita lagi belajar kelompok, eh maksud gue belajar bareng muehehe.

Photoshop yang gue gunakan kali ini adalah seri CS5. Yah, behubung piranti yang gue punya masih standar, jadinya gue pake seri yang juga standar. Yang penting kan masih bisa dipake buat belajar🙂 (malah curhat)

Oke, sekadar mengingatkan, beginilah tampilan awal si Photoshop CS5

screenshot

Toolbox beserta shortcut-nya

toolbox

Well, gue gak bakal ngebahas soal fungsi toolbox secara mendalam. Kenapa? Karena hal itu terlalu panjang untuk dijelaskan satu per satu. Lagian gak semua toolbox yang akan kita gunakan dalam operasi kali ini (obsesi calon dokter). Jadi, hanya toolbox tertentu yang bakal gue bahas, yang lainnya silakan tanya sama si Oom gugel🙂

Oke, mari kita mulai pembedahannya..Jangan lupa cuci tangan dulu biar steril🙂 #ApaIni

Langkah pertama (tentunya setelah cuci tangan terlebih dahulu) silakan buka program photoshop yang kalian punya. Kalo gak punya, coba tanya tetangga. Kalo tetangga kalian juga gak punya, silakan tanya sama anaknya tetangga kalian. Kalo masih gak punya, yaudah, kalian liat contoh yang gue kasih aja ya. Jangan berkecil hati, yang penting kalian mau belajar🙂

Screenshot (28)

Nah, pada gambar di atas ada kolom NAME sama PRESET. Silakan isi dengan nama yang kalian sukai pada kolom NAME, dan rubah kolom PRESET menjadi International Paper.

Screenshot (29)

Tekan ENTAR, eh, ENTER, dan…

Screenshot (30)

Tahap selanjutnya adalah memasukkan pasien ke ruangan bedah #IniBeneranOperasi #YakaliKaloGueJadiDokterBeneran

Gimana caranya? Ada dua cara yang bisa kita tempuh. Yang pertama, pilih file yang kita inginkan (sebagai pasien), dengan cara klik File – Open – (Pilih File yang akan dibedah) – ENTER. Atau cara yang kedua, tinggal klik dan drag file yang kita inginkan ke layer.

Screenshot (31)

Click & drag, dan…

Screenshot (32)

Coba perhatikan baik-baik, si pasien kali ini memiliki bercak-bercak pada bagian dadanya. Trus, bagian wajah juga terdapat kerutan. Kita harus menggunakan Healing Brush Tool (J) untuk menyamarkan bercak dan kerutan (gue berasa jadi dokter beneran).

Untuk menghilangkan (atau yang lebih tepatnya menyamarkan) bercak-bercak/komedo/jerawat, gunakan Spot Healing Brush Tool. Kalian tinggal klik pada noda yang ingin disamarkan.

Screenshot (33)

Sedangkan untuk menyamarkan keriput, gunakan Healing Brush Tool.

Screenshot (34)

Caranya, Alt+Click pada bagian kulit yang masih mulus. Tapi inget, bagian kulit yang masih mulus tersebut warnanya harus sama dengan kulit yang akan kita bedah. Tujuannya biar hasilnya memuaskan alias gak keliatan cemong alias malpraktek. Setelah Alt+Click, kalian tinggal klik secara biasa pada bagian keriput yang ingin disamarkan.

Hasilnya…

??????????

Gimana? Keliatan 10 tahun lebih muda, kan? Kerutan tersamarkan dan bercak-bercak pun hilang! Ini lebih dahsyat dibanding krim anti aging manapun! Operasi kali ini berhasil saudara-saudara! Kita sukses besar! #BenerBenerObsesiCalonDokter

Silakan dicoba sendiri ya guys. Mungkin Today’s Menu kali ini gak banyak membantu kalian dalam mempelajari Photoshop. Tapi seenggaknya gue menyampaikannya dengan cara yang sedikit lebih fun. Semoga bermanfaat yaa. Sampai jumpa pada operasi selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s