Menu UTS Minggu Ini

Well, kali ini gue mau membeberkan beberapa karya gue selama UTS di semester ini. Rada absurd sih, tapi lumayan lah, masih lebih bagus ketimbang cetakan muka gue muehehe.

Oke, langsung aja, karya pertama adalah…

Mata Kuliah Studio Desain Komunikasi Visual (SDKV)

01Mata kuliah yang satu ini tergolong cukup rumit. Dalam seharian penuh gue digeber dengan 5SKS ditambah dengan tugas yang jumlahnya bisa mencapai ratusan. Iya, ratusan. Ini mata kuliah nyiksa banget emang. Contohnya aja pada UTS kali ini. Sekitar 3 minggu sebelum UTS, gue disuruh untuk mengajukan beberapa buah ide (yang belum tentu diterima sama dosen). Ide yang diajukan jumlahnya gak tanggung-tanggung, bisa mencapai 60 sketsa per minggu, dan dari sekian banyak sketsa yang diajukan, paling cuma 1 atau 2 aja yang diterima. Lah, sketsa yang lainnya gimana?? Yaudah, itu sketsa cuma buat pajangan aja. Hueehuee.

Nah, untuk tugas UTS, gue disuruh mendesain sebuah kalender meja. Gambar yang digunakan berupa siluet yang kita gambar sendiri (tentunya setelah mengalami proses yang sangat panjang, seperti yang udah gue sebutin tadi). Setelah mengajukan ratusan sketsa (berupa siluet) maka didapatlah 12 buah sketsa pilihan yang akhirnya disusun menjadi sebuah kalender nan cantik :’)

Oiya, FYI aja nih, untuk tugas yang satu ini gue menghabiskan budget sebesar Rp 40.000,- ini termasuk biaya penyekenan (maksud gue biaya untuk scan sketsanya), printout hasil editannya, sekaligus finishing (jilid, dll).

Lanjut, karya kedua…

Mata Kulah Teknik Cetak

02

Mata kuliah yang satu ini cukup menguras kantong. Dari namanya aja udah keliatan kalau mata kuliah ini berhubungan dengan cetak-mencetak. Nah, untuk UTS kali ini, gue kebagian project (?) mendesain layout sebuah koran (mendekati bentuk koran yang asli, termasuk ukuran kertasnya). Untuk budgetnya, hampir sama dengan tugas yang pertama. Gue menghabiskan Rp 40.000,- untuk mendapatkan hasil cetakan yang sempurna. Hal ini dikarenakan ukuran kertasnya yang lumayan besar (ukuran A2) dan jenis kertasnya yang lumayan tebal. Alhasil, dalam minggu ini gue udah mengeluarkan dana tak terduga yang lumayan besar :’)

Dan, karya yang ketiga…

Mata Kuliah Komputer Aplikasi Desain Komunikasi Visual (KADKV)

03

Mata kuliah yang satu ini lebih mendalami software PSD alias Photoshop alias Sotosop. Untuk tugas UTS, gue mendapat project mengedit beberapa buah foto (yang di mix ke dalam satu layer), dengan syarat, foto tersebut harus menyertakan (?) wajah asli si pembuatnya. Sebenernya konsep tugas kali ini sedikit absurd, yaitu menggabungkan wajah si pembuatnya (yaitu gue) dengan tubuh orang lain, atau tubuh robot, atau bahkan tubuh binatang. Yang penting mix suka-suka *ini minuman jenis apa >.<

Well, sebenernya ada beberapa bagian yang gue edit dalam foto ini. Yang pertama dan udah pasti, wajah artis yang tadinya cantik jelita, gue ganti dengan muka gue yang standar abis. Abis banget standarnya. Terus, boneka yang gue pegang (?) badannya gue ganti dengan badan kucing. Kaki si tokohnya juga gue ganti sama kaki robot. Dan yang terakhir, tangan hantu yang tiba-tiba nongol di bagian kiri, juga gue mix sama tangan robot. Oiya, di pojok kiri bagian bawah juga gue tambahin aksesoris (?) lucu berupa anak keong🙂 muehehe

Dan, karya yang terakhir…

Mata Kuliah Ilustrasi

Nah, ini nih, mata kuliah yang menuntut gue untuk berimajinasi lebih. Untuk UTS kali ini gue disuruh untuk membuat sebuah ilustrasi berdasarkan lirik lagu anak-anak jaman dahulu. Dan, akhirnya, gue menjatuhkan pilihan pada lagu anak-anak yang berjudul “Naik kereta api”.

Berikut ini beberapa sketsa yang mau gue ajukan (dikumpulinnya baru minggu depan, jadi sebelum dikumpul kita musti asistensi dulu dengan mengajukan beberapa sketsa yang nantinya bakal di ACC sama dosen. Nah, sketsa yang di ACC itulah yang bakal gue ‘permak’ menjadi lebih cakep lagi)05

Sketsa yang satu ini menceritakan kegembiraan beberapa orang anak yang menurut imajinasi gue, anak-anak tersebut baru pertama kali naik kereta api. Terbukti, bukannya masuk ke dalam gerbongnya, itu anak-anak malah main tarik-tarikan =..=

06

Nah, kalau sketsa yang ini menceritakan dua insan beda kota yang sedang memadu kasih di atas gerbong kereta😄

Dan, inilah sketsa terakhir…

07

Gue juga bingung sama ide dari sketsa yang satu ini ==” yang penting asikin aja, bro :’) muehehe

 

Oke, segitu dulu postingan kali ini. Semoga kalian terhibur dengan karya absurd dari gue😀 Jangan copas sembarangan ya, bro. Apalagi sampai mencuri ide-ide dari gue😀 Do Not Plagiarism. Bagaimanapun juga, plagiat adalah suatu tindakan yang melanggar hak cipta :’) (gue baru nemu kata-kata ini)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s